Tidak seperti dahulu yang mana gas untuk memasak hanya tersedia satu merek saja, saat ini sudah ada berbagai macam merek yang bisa anda pilih di daerah Bandung, dan salah satunya adalah Blue Gas. Anda bisa menemukan Blue Gas di Bandung dengan mudah, di minimarket, supermarket bahkan warung kelontong. Jadi anda tidak perlu susah-susah mencari Blue Gas keliling kota. Selain Blue Gas, ada merek gas lainnya yang tidak kalah terkenal dan banyak dicari. Kompetitor Blue Gas memiliki tabung berwarna pink, sedangkan Blue Gas sendiri berwarna biru. Seperti apakah perbedaan antara Blue Gas di Bandung yang berwarna biru dengan kompetitornya yang berwarna pink?

Saat pertama kali Blue Gas di Bandung keluar, Blue Gas menjadi satu-satunya tabung gas dengan isi sebesar 5,5 kg. Adanya tabung berukuran 5,5 kg dulu diharapkan dapat membuat masyarakat tidak terlalu bergantung dengan tabung gas subsidi dari pemerintah yang berisi 3 kg. Tabung gas 5,5 kg lebih banyak dipilih oleh masyarakat karena harganya yang lebih murah daripada tabung gas 12 kg. Apalagi untuk keluarga muda yang belum memiliki banyak anak, tabung gas 12 kg tentu dirasa terlalu banyak dan tidak akan pernah habis dan karena harganya yang mahal tak jarang tabung gas 12 kg sedikit memberatkan di pengeluaran bulanan.

Beberapa tahun kemudian setelah munculnya Blue Gas di Bandung, muncul kompetitor si biru yaitu si pink. Sama-sama memiliki isi sebesar 5,5 kg, perbedaannya hanyalah di warna tabung gas dan juga produsennya. Untuk harga, apakah ada perbedaan? Tabung gas biru Blue Gas di Bandung memiliki harga beli pertama sekitar 500 ribuan yang sepaket dengan kompor (note: ini adalah harga lama, anda bisa mencari informasi lainnya untuk harga yang lebih update), sedangkan untuk isi ulangnya sekitar 100 ribu rupiah. Untuk tabung gas pink, pembelian pertama sekitar 300 ribu rupiah dan untuk isi ulangnya sekitar 65 ribu rupiah. Setiap daerah memiliki harga yang berbeda-beda, namun perbedaan tersebut tidaklah terlalu signifikat, mungkin hanya sekitar seribu hingga tiga ribu rupiah saja.

Dari segi keamanan, tabung gas pink memiliki katup ganda DSVS atau Double Spindle Valve System yang diklaim 2 kali lebih aman dari kebocoran di kepala tabung. Untuk menjamin kualitas dan juga isi dari tabung gas tersebut, si pink dilengkapi dengan segel hologram yang memiliki fitur OCS atau Optical Color Switch yang tidak dapat dipalsukan. Untuk memudahkan masyarakat dalam pemasangan tabung, si pink dilengkapi dengan stiker safety penggunaan tabung. Sedangkan untuk Blue Gas di Bandung alias si biru tidak jauh berbeda dengan si pink, si biru memiliki Double Safety Valve dan juga koneksi drat ulir yang lebih kokoh, aman dan juga lebih murah. Si biru juga dilengkapi dengan katup pengaman otomatis yang dapat melepas tekanan gas berlebih dalam tabung ketika tekanan naik hingga batas tertentu.

Seperti itulah perbedaan antara dua tabung gas yang berbeda, si biru Blue Gas di Bandung dan juga si pink. Merek tabung gas mana yang akan anda pilih, sebaiknya anda sudah mempertimbangkannya dari semua aspek agar anda tidak salah pilih tabung gas. Harga yang murah tidak menjadi faktor utama terkait tabung gas, lebih baik anda menjadikan keamanan sebagai faktor yang paling utama agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *