Mandi menggunakan water heater listrik sudah bukanlah sesuatu hal yang mewah lagi karena sudah banyak water heater yang dijual dengan harga yang ramah di kantong. Penggunaan water heater listrik pun sangat membantu, terutama saat cuacanya menjadi sangat dingin seperti saat musim hujan. Ketika musim hujan tiba, sepanjang hari rasanya sangatlah dingin. Karena cuaca yang dingin, air yang tersimpan di tangki atau tandon air juga ikut menjadi dingin. Hal tersebut membuat tingkat rasa malas untuk mandi menjadi sangat tinggi, padahal mau tidak mau anda harus mandi karena harus berangkat ke kantor ataupun ke sekolah. Dengan adanya water heater listrik, maka akan sangat membantu sekali.

Harganya yang ramah di kantong membuat tren penggunaan water heater juga meningkat. Banyak orang yang lebih senang menggunakan water heater untuk mandi daripada menggunakan air dingin ataupun memanaskan air secara manual menggunakan kompor. Karena tren penggunaan water heater listrik meningkat, maka tak heran apabila jenis-jenis water heater yang tersedia di pasaran juga ada banyak sekali. Agar anda tidak salah membeli water heater listrik maka anda harus mengenali semua jenis-jenis water heater dan harus mengetahui tips dalam membeli water heater. Yang paling penting adalah mendapatkan water heater sesuai dengan kebutuhan dan juga yang sesuai dengan keadaan finansial anda agar kedepannya tidak membebani keuangan anda.

Electric water heater atau yang disebut juga sebagai water heater listrik. Sesuai dengan namanya, jenis water heater yang satu ini menggunakan listrik sebagai sumber energy utama untuk menghasilkan panas. Prinsip penggunaan listriknya tidak berbeda jauh dengan hair dryer ataupun setrika listrik yang menggunakan listrik agar dapat menghasilkan panas. Dari jenis water heater listrik pun masih terbagi menjadi dua macam lagi, yaitu yang menggunakan tangki air dan yang tidak menggunakan tangki air. Water heater yang menggunakan tangki air menggunakan daya listrik yang cukup besar dibandingkan yang tidak menggunakan tangki air. Mengapa? Karena air yang tersimpan di dalam tangki air akan dipanaskan secara terus-menerus untuk menjaga suhu air agar selalu panas sehingga ketika sewaktu-waktu digunakan anda tidak perlu menunggu terlalu lama agar airnya berubah menjadi panas. Namun kelemahannya adalah biaya listrik yang akan anda gunakan menjadi cukup besar. Jenis yang kedua adalah electric water heater yang tidak menggunakan tangki. Keuntungan dari water heater jenis ini adalah konsumsi listrik tidak begitu besar, akan tetapi anda harus menunggu antara 3 hingga 4 menit sebelum akhirnya air menjadi panas. Apabila anda terburu-buru dan harus mandi dengan cepat, anda harus menampung air panas terlebih dahulu dalam bak mandi ataupun ember 30 menit sebelum anda akan mandi. Dengan begitu ketika air panas sudah tertampung, anda tinggal mandi.

Untuk keamanan dalam penggunaan water heater listrik, anda tidak perlu khawatir karena water heater yang menggunakan tangki atau tidak menggunakan tangki sama-sama telah dilengkapi dengan sistem pengaman. Dengan begitu resiko terjadinya kecelakaan akibat kesetrum juga semakin kecil. Sistem pengaman tadi disebut dengan MLCB atau Main Line Circuit Breaker yang dapat memutuskan aliran listrik ketika terjadi konsleting. Jadi jangan khawatir untuk menggunakan electric water heater sebagai pemanas air utama di rumah anda. Menggunakan water heater lebih cepat dan lebih aman, so tunggu apalagi? Segera temukan water heater yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *