Pemanas air atau yang dikenal dengan nama heater air termasuk salah satu perangkat elektronik  yang banyak dicari orang. Terutama bagi orang yang berada pada lokasi rumah yang bersuhu dingin. Suhu udara yang dingin sering sekali membuat banyak orang malas mandi. Tidak jarang akan merasa kedinginan saat mandi dengan air yang biasa. Oleh karenanya keberadaan perangkat elektronik ini dirasakan sangat membantu bagi para pemilik rumah yang berada pada lokasi yang bersuhu cukup dingin. Itulah sebabnya bagi anda yang ingin memiliki perangkat elektronik ini, anda harus mengetahui bagaimanakah kriteria dari heater air yang layak untuk anda beli dan juga layak untuk anda miliki di rumah sebagai penolong saat udara menjadi sangat dingin.

Beberapa orang yang belum pernah membeli heater air tentunya harus mengerti bagaimana kriteria dari perangkat elektronik yang membantu menghangatkan ait ketika akan digunakan untuk mandi. Seperti ini kira-kira:

  • Langkah pertama yang harus anda tempuh saat anda akan membeli heater air adalah anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja type dari perangkat pemanas khusus untuk air. Di pasar ada beberapa type pemanas air dengan kisaran harga dan juga kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Baru-baru ini yang sedang trend adalah pemanas air dengan type solar heater yang menggunakan tenaga matahari untuk mengoperasikannya
  • Mengetahui apa saja kelebihan dan ekurangan dari water heater yang akan anda beli. Pada type storage heater misalnya memiliki sebuah tangki penyimpanan khusus untuk menyimpan kebutuhan air. Air yang anda butuhkan akan tersimpan di dalam sebuah tangki penyimpanan yang memiliki kapasitas tertentu. Apabila anda memilih untuk menggunakan jenis water heater yang satu ini maka anda harus ketahui kapasitas penyimpanannya serta berapakah kebutuhan air yang anda akan gunakan setiap harinya untuk dipanaskan menggunakan water heater yang akan dibeli. Memang ada beberapa kapasitas penyimpanan air yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Sehingga anda harus sesuaikan dengan baik seberapakah kebutuhan air anda sehari-hari untuk keperluan mandi.
  • Langkah berikutnya jika anda ingin membeli heater air adalah anda harus ketahui bahan bakar apa yang dibutuhkan untuk menghangatkan air yang anda akan gunakan untuk mandi. Ada beberapa jenis heater air yang menggunakan tenaga listrik untuk menghangatkan air dan ada juga yang menggunakan gas untuk menghangatkan air. Akan tetapi yang sedang trend belakangan ini adalah pemanas air dengan type bahan bakar menggunakan tenaga surya. Jenis ini yang sedang banyak dicari oleh para pembeli karena memang diklaim sangat ramah lingkungan. Namun setidaknya anda mengetahui apa resiko yang kemungkinan akan anda ambil apabila memilih menggunakan pemanas air yang menggunakan gas, listrik maupun tenaga surya.

Selain anda harus mengetahui beberapa hal di atas saat membeli heater air hal lainnya yang harus dipertimbangkan adalah berapakah kemampuan listrik di rumah anda akan menampung dan menghidupkan pemanas tersebut. Apabila datya listrik yang ada di rumah tidak memiliki kapasitas yang cukup untuk membuat pemanas air ini berfungsi sdengan baik maka sebaiknya pertimbangkan kembali untuk memilih type lainnya. Akan tetapi selain memperhatikan kelebihan,kekurangan serta typenya, anda juga harus memperhatikan hal lainnya seperti bagaimana cara bekerjanya supaya tidak salah dalam proses instalasi. Nah, terlebih lagi bagi anda yang hidup di daerah yang sangat dingin, tentu harus mengetahui apa saja yang harus dilakukan saat akan membeli sebuah pemanas air untuk membantu mengurangi rasa dingin ketika akan mandi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *