Jenis-Jenis Water Heater Murah Yang Perlu Anda Ketahui

Pada musim hujan, udara terasa sangat dingin dan hal tersebut menyebabkan mandi menjadi tidak nyaman. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa membeli heater murah sehingga anda dapat mandi dengan lebih nyaman. Walaupun seharian hujan, dari pagi hari saat anda bangun hingga malam hari saat anda tidur hujan tidak berhenti, anda tetap dapat membersihkan diri menggunakan air hangat. Jangan sampai anda tidak mandi seharian karena air yang terlampau dingin. Memang udara yang dingin membuat anda ingin “kemulan” di tempat tidur, akan tetapi berlama-lama di tempat tidur tanpa menjaga kebersihan diri juga tidak baik. Daripada menumpuk bakteri, tentu lebih baik mencari heater murah yang terjangkau oleh dompet anda.

Sebelum anda mencari heater murah di toko-toko, ada baiknya anda mengenal beberapa jenis water heater terlebih dahulu agar anda tidak salah beli. Yang pertama adalah water heater yang menggunakan gas, gas yang dimaksud disini adalah gas yang digunakan pada kompor untuk memasak. Harga water heater yang menggunakan gas lebih murah daripada yang menggunakan listrik. Bentuknya pun tidak terlalu besar, namun tidak terlalu kecil juga. Ciri-ciri yang bisa anda kenali dengan mudah adalah adanya lubang silinder pada water heater yang memiliki fungsi untuk membuang asap dari hasil pembakaran. Cara kerja water heater jenis ini adalah dengan membakar air yang melewati water heater tersebut, yang mana pembakaran tersebut menggunakan gas sebagai sumber panasnya. Untuk mendapatkan air panas, anda juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Hanya dalam beberapa detik saja anda sudah bisa mendapatkan air panas yang bisa anda gunakan untuk mandi. Anda tidak perlu khawatir apabila terjadi kebocoran gas, karena di dalam water heaternya sudah terdapat sistem yang mampu menghentikan api ketika air yang mengalir melewati water heater kurang kencang alias auto cut off gas.

Jenis heater murah lainnya adalah water heater yang menggunakan listrik. Jenis yang satu ini terbagi dua lagi, yaitu water heater yang menggunakan tangki air dan yang tidak menggunakan tangki air. Kelebihan dari water heater yang menggunakan tangki adalah anda bisa menikmati air panas pada saat itu juga karena air panas tertampung dalam tangki. Hanya saja kekurangannya adalah ukurannya yang cukup besar sehingga dapat memakan banyak tempat di dalam kamar mandi. Apabila anda ingin menggunakan water heater jenis ini, anda bisa memasangnya di luar rumah. Walaupun harga water heaternya sendiri tidak berbeda jauh dengan harga water heater murah yang menggunakan gas, water heater yang menggunakan listrik cukup boros selama pemakaian karena air yang mendingin dalam tangki air akan dipanaskan terus-menerus sehingga air dalam tangki selalu terasa panas. Hal tersebut membuat biaya listrik anda membengkak terutama bagi anda yang jarang menggunakan water heater.

Water heater yang menggunakan listrik namun tanpa tangki bisa menjadi salah satu heater murah, karena harganya yang dibawah satu juta rupiah. Terkait keamanannya, anda tidak perlu khawatir karena water heater yang menggunakan listrik sudah disertakan dengan pengaman berupa Main Line Circuit Breaker sehingga anda tidak akan merasa kesetrum ketika memegang water heater menggunakan tangan yang basah. Yang perlu anda lakukan sekarang hanyalah membandingkan beberapa jenis water heater murah yang telah dibahas di atas, mulai dari kelebihan, kekurangan hingga harga water heater.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *