Sekarang sudah bukan zamannya repot-repot masak air terlebih dahulu saat ingin mandi air hangat. Tinggal beli water heater, pasang, dan anda hanya perlu memutar keran saja jika ingin mandi air hangat. Apalagi jika anda tinggal di daerah tropis yang mengharuskan anda untuk mandi dengan air hangat karena suhu yang luar biasa dingin. Tentu saja akan sangat merepotkan jika anda harus memasak air terlebih dahulu yang membutuhkan beberapa menit untuk membuat airnya panas. Belum lagi anda  mencampurkan air panas tersebut dengan air dingin di kamar mandi. Itu artinya anda harus memindahkan air panasnya dari dapaur ke kamar mandi, merepotkan bukan? padahal sekarang bisa beli water heater agar semua langkah tersbeut tidak perlu anda lakukan.

Jika anda beli water heater dan memasangnya di rumah, anda tinggal putar kerannya dan dalam hitungan detik air hangat anda akan siapa untuk dipakai. Untuk anda yang baru pertama kali beli water heater pastinya membutuhkan beberapa tips. Hal apakah saja yang perlu dipertimbangkan jika ingin membeli sebuah water heater. Langsung saja kita simak apa saja hal yang perlu dipertimbangkan tersebut:

  1. Tipe water heater

Ada banyak tipe water yang dapat dipilih untuk anda pasang di rumah dan itu sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan anda. Tipe yang pertama yaitu jenis storage, lalu ada juga jenis demand, heat pump, indirect water heater atau yang menggunakan energi solar untuk penggunaannya. Yang terakhir ada tipe tankless coil. Untuk anda yang ingin menggunakan water heater untuk kolam renang, bisa gunakan solar water heater yang memang untuk menghangatkannya memanfaatkan ehergi sinar matahari. Berdasarkan energinya ada 2 jenis water heater yaitu electric, gas, dan solar water heater.

  1. Kebutuhan Pemakaian

Setelah mengetahui tipe-tipe heater, maka yang perlu diperhatikan jika ingin beli water heater adalah kebutuhan pemakaian. Jika butuh air hangat untuk penghuni rumah yang cukup banyak, maka sebaiknya gunakan water heater untuk tampungan air yang tidak cepat habis meski digunakan untuk lebih dari 2 orang. Pilihan tangkinya bisa pilih yang ukuran 30 liter agar lebih awet.

  1. Merk

Hal ketiga tentu saja merk karena merk memperngaruhi kualitasnya. Mungkin mencari informasi mengenai beberapa merk water heater bisa jadi solusi sebelum anda memutuskan untuk beli water heater dan dipasang di rumah.

  1. Kualitas dan Harga

Mungkin kedua hal inilah yang paling penting karena keduanya saling berkaitan. Biasanya harga membawa kualitas, namun tetap saja anda sebaiknya melakukan survei dulu sebelum beli water heater, bandingkan harga dan kualitas dari masing-masing produk yang ada, lalu pilih yang terbaik.

 

Dan kuran lebih ituah hal-hal yang perlu anda perhatikan bila ingin beli water heater entah untuk di rumah, villa, hotel, maupun rumah sakit. Yang penting, saat akan membeli water heater pilihlah yang aman digunakan dan mudah dirawat, Karena akan percuma bila kita sudah memilih produk water heater yang bagus dan berkualitas namun tidak dapat merawatnya dengan baik. Alat jika tidak dirawat dengan baik juga akan lebih mudah rusak. Satu lagi, untuk water heater listrik yang paling banyak dipakai terbagi menjadi 2 jenis yaitu instan electric water dan ada juga yang dilengkapi dengan penampungan. Jadi sebaiknya pilih baik-baik sebelum membeli water heater terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *