Jika anda menemukan air berkarat yang berasal dari mesin pemanas air, ini merupakan pertanda bahwa pemanas air anda berkarat dan akan segera mengalami kebocoran. Akan tetapi, jika anda menggunakan pipa galvanis, ada kemungkinan besar pipa anda akan berkarat.

Nah, agar tidak salah menerka, lakukan sebuah percobaan sederhana untuk mengetes apakah bau karat tersebut berasal dari pipa galvanis atau water heater itu sendiri. Coba kuras beberapa ember air panas dari mesin pemanas air. Apabila air masih terasa berkarat di ember ke-3 atau ke-4, hal ini kemungkinan besar merupakan permasalahan water heater, bukan pipa.

Semakin lama jangka pemakaian water heater, semakin banyak sedimen yang akan terbentuk di dasar tangki. Sedimen tersebut akan semakin mengeras sebagai hasil proses pemanasan yang terus-menerus dan berulang-ulang. Di saat ini terjadi, anda akan sering mendengar suara gemuruh atau bising yang berasal dari mesin pemanas air. Hal ini merupakan salah satu pertanda bahwa water heater berada di akhir masa pemakaiannya.

Jika anda menemukan titik-titik atau rembesan air di sekitar water heater, kemungkinan besar terdapat kebocoran kecil atau keretakan di dalam tangki pemanas air. Saat logam memanas, logam tersebut akan mengembang dan jika terdapat keretakan, air mungkin merembes keluar dari tangki.

Sebelum mengganti water heater yang lama dengan yang baru, pastikan tidak ada kebocoran lain yang berasal dari sambungan tangki. Di samping itu, cek juga temperatur pipa atau tekanan pipa tidak bocor.

Kerusakan alat elektronik, tak terkecuali water heater kerap terjadi di saat yang tak terduga, dan saat masalah terjadi, anda tidak tahu bagaimana cara menanganinya. Apabila anda khawatir tentang kegagalan water heaterrumah anda ataupun anda menemukan gejala-gejala di atas, lebih baik meminta tukang pipa profesional dan berpengalaman untuk mengatasinya.

Resiko tumpukan sedimen yang berada di dalam water heater?

  • Efisiensi yang berkurang karena mesin pemanas air harus menggunakan lebih banyak listrik untuk memanaskan air.
  • Berkurangnya efisiensi dan meningkatnya kinerja water heater beresiko meningkatkan biaya tagihan listrik!

Kapan Waktu Terbaik untuk Mandi Hangat?

Bagi sebagian banyak orang,mandi dilakukan sebelum mengawali Hari saat akan beraktifitas dipagi hari dan akan Mandi lagi setelah selesai melakukan aktifitas seharian yang panjang dan melelahkan. Namun,kapan waktu terbaik untuk mandi air hangat?Apakah baiknya dilakukan pagi atau mandi?Jawabannya adalah keduanya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *