Sudah beli water heater gas, namun masih bingung dengan bagaimana cara pasang water heater gas. Berikut kita akan bahas tentang bagaimana cara pasang water heater gas sendiri dirumah yang benar. Sebelum kita bahas bagaimana cara pasangnya, mari kita kenal terlebih dahulu apa itu water heater. Water heater adalah penghangat air yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Tak hanya bisa digunakan untuk air di kamar mandi saja, water heater juga dapat digunakan untuk menghangatkan air di kolam renang. Untuk Berenang dengan air hangta tentu akan jadi hal yang menyenangkan untuk anda yang tinggal di daerah tropis atau saat ingin menikmati air hangat. Ada bebrapa jenis water heater yang dapat kita temukan di pasaran yaitu water heater electric, solar, dan juga water heater gas yang untuk menjalankannya menggunakan gas elpiji.

Nah, setelah mengenal beberapa jenis water heater, kali ini kita akan bahas bagaimana cara pasang water heater gas yang menggunakan gas elpiji sebagai sumber energinya. Untuk pemasangan water geater gas ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan menggunakan direct shower maupun dengan keran mixer yang dapat mengatur suhu air. berikut adalah langkah-langkah pemasangannya:

  1. Siapakah peralatan yang diperlukan

Sebelum mulai memasang, siapkan dulu alat yang dibutuhkan dalam proses pemasangannya seperti kunci inggris, sealtape, bor tembok dengan mata bor berukuran 6 mm dan juga obeng.

  1. Siapkan bahan yang diperlukan

Setelah alatnya, maka and ajuga harus mempersipakna bahan yang akan digunakan untuk memasang sater heater gas. Bahan-bahan tersbeut adalah gas 3kg, regulator gas, 2 buah klem gas, water heater gasnya, selang felxibel, nepel gas, 2 buah battery size D, T keran, kran cabang.

  1. Langkah pemasangan

Setelah semua bahan dan alatnya disiapkan, mari kita langsung ke cara pasang water heater gas. Langkah pertama pemasangannya adalah dengan memasang batrenya pada water heater. Setelah itu baru pilih lokasi water heater yang paling tepat. Lalu pasang water heaternya dengan menggunakan baut dan fisher 6mm tadi.

  1. Pasang T keran dengan seltape yang akan digunakan sebagai tempat keluarnya air.
  2. Pasang keran showernya
  3. Lalu pasangkan keran flexible ke bagian outlet water heaternya serta derat inlet. Jika sudah, maka anda pasangkan hand showernya di bagian keran shower.
  4. Setelah pemasangan bagian kran selesai, maka and bisa mulai cara pasang water heater gas di bagian gasnya. Caranya dengan memasang regulator gasnya dan mengencangkannya dengan menggunakan klem yang tadi telah anda siapkan. Jangan lupa untuk cek regulator gasnya untuk mencegah adanya kebocoran gas yang mungkin saja terjadi jika tidak dipasang dengan kencang.

 

Jika semua bagiannya sudah terpasang, maka saatnya untuk mengecek dan coba menyalakannya. Tanda jika water heater gasnya sudah dapat digunakan adalah saat anda lihat dibagian jendela api water heater. Jika api di tungkunya menyala, maka itu artinya sudah bisa digunakan. Dan kurang lebih itulah langkah atua cara pasanag water heater gas sendiri di rumah anda. Namun jika anda sedikit ragu untuk memasanganya sendiri, mungkin anda bisa minta tolong kepada tukang atau ahlinya yang lebih mengerti bagaimana cara pasang water heater gas yang baik dan benar. Jika pemasangannya sudah benar maka anda bisa langsung menikmati air hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *