Dewasa ini, semakin banyak orang yang menginginkan alat pemanas air mandi untuk dipasang di kamar mandi yang dimilikinya. Alat ini memang benar-benar bermanfaat, karena bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan mandi menggunakan air hangat tanpa harus merebus terlebih dahulu ataupun menunggu dalam waktu yang lama. Terlebih, biasanya orang-orang yang berencana akan memasang shower di kamar mandinya juga akan memiliki pikiran untuk memiliki alat pemanas air mandi di dalamnya. Bila Anda merupakan salah satu di antara mereka, maka Anda termasuk dalam oran-orang yang mengikuti arus modernisasi. Betapa tidak? Penggunaan alat yang satu ini semakin menjadi trend di kalangan masyarakat di dunia, termasuk di Indonesia. maka tidak perlu heran bila melihat banyak tetangga yang ternyata sudah memiliki alat pemanas air mandi di dalam kamar mandi mereka, karena penggunaan benda ini memang benar-benar sudah umum.

Hal yang belum banyak diketahui oleh orang-orang adalah jenis dari tiap alat pemanas air mandi. Pemanas air mandi bukanlah sebuah barang yang hanya memiliki satu model saja, karena semakin ramainya perkembangan teknologi membuat alat ini semakin banyak dikembangkan pula hingga memiliki banyak sekali variasi di dalamnya. Terutama bila Anda sedang merencanakan untuk memasang alat pemanas air mandi di dalam rumah Anda, maka ada baiknya Anda mempelajari berbagai jenisnya terlebih dahulu agar Anda bisa memilih alat yang sesuai dengan keadaan rumah dan kebutuhan Anda. Jenis yang pertama adalah Electrik Water Heater. Sesuai dengan namanya yaitu elektrik, maka alat ini sudah tentu memiliki sumber tenaga dari listrik. Jenis elektrik ini pun masih memiliki dua pilihan yang bisa Anda ambil salah satu dari keduanya, yaitu yang memiliki tangki dan tidak memiliki tangki. Salah satu keuntungan memiliki jenis elektrik adalah Anda bisa mengatur kapan alat ini digunakan, dan Anda pun bisa mengatur kapan Anda harus mematikannya. Sehingga, jangan langsung berpikir menggunakan alat ini akan membuat listrik Anda menjadi naik drastis, karena Anda pun bisa mematikan dan menghidupkan arus listrik yang mengalir ke dalam alat yang satu ini. Berikutnya yang perlu Anda kenali adalahSolar Water Heater. Masih sesuai dengan namanya, alat ini pun menggunakan solar atau energi surya sebagai tulang punggung dalam cara kerjanya. Salah satu keuntungan hidup di Indonesia adalah anugerah sinar matahari yang begitu melimpah, terlebih karena negara ini merupakan negara yang mempunyai iklim tropis. Hal ini pun bisa Anda gunakan untuk memasang sebuah pemanas air mandi yang memanfaatkan tenaga alami gratis ini. Berikutnya adalah gas water heater. Pemanas air mandi yang satu ini menggunakan gas sebagai bahan baku utamanya. Adapun jenis gas yang dimaksud adalah gas elpiji. Sehingga, Anda tidak perlu repot memikirkan listrik ataupun memperhatikan cuaca sedang panas atau tidak, karena Anda pun bisa menggunakan benda ini ketika listrik padam maupun ketika cuaca sedang mendung.

Berbagai jenis pemanas air mandi yang telah disebutkan di atas belumlah mewakili semua jenis yang ada di pasaran saat ini, sehingga ada baiknya bila Anda mempelajari lebih lanjut berbagai jenis yang bisa Anda kenali. Selain itu, sebelum memilih alat pemanas air mandi tertentu, kenali pula apa yang menjadi kelemahan dari masing-masing jenis alat, sehingga Anda pun mudah untuk menyesuaikannya dengan keadaan rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *